Soal DD/ADD, Wabub Irwan: Camat Harus Dampingi Kades

428
Wabup Irwan Bachtiar saat memberikan pemaparan dalam Kunker di gedung BLK

BONDOWOSO – Seorang Kepala Kecamatan (camat) memiliki peran yang cukup strategis dalam pengawasan pembinaan serta pendampingan terhadap pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

Sebab untuk mengeluarkan anggaran pembangunan dan pembelanjaan desa (APBdes) harus dilengkapi rekomendasi camat dan camat yang akan memonitoring setiap perkembangan pembangunan di desa.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahctiar Rahmat saat memberikan pemaparan dalam kunjungan kerjanya menekankan kepada semua camat untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengawasan setiap penggunaan anggaran keuangan desa.

“Peran camat untuk memberikan pendampingan terhadap desa mulai dari proses perencanaan sampai proses pembuatan APBdes ini tolong betul-betul diikuti agar para Kepala Desa tidak hanya memburu termin cepat cair saja,” tutur Irwan Bachtiar di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan Tenggarang, Kamis (31/1/2019).

Dirinya menegaskan, tidak ada lagi pembuatan SPJ secara rampung yang dikerjakan oleh oknum-oknum yang secara sengaja. Bahkan, jika masih ada jalan semacam itu, dirinya akan bertindak langsung untuk memberikan sanksi kepada yang bersangkutan.

“Kami akan melakukan penguatan di setiap kecamatan, kalau itu masih dilakukan dengan cara-cara yang tidak manusiawi, maka kami tidak akan segan-segan untuk memeriksa. Dan jika ditemukan bukti-bukti, kami tidak akan segan memproses lebih lanjut kepada aparat penegak hukum,” tegasnya.

Lebih lanjut, hal itu dilakukan untuk kemajuan Bondowoso yang lebih baik dan mapan sehingga, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang ingin Bondowoso melesat.

Kendati demikian, apabila penggunaan ADD dan DD telah dilakukan sesuai aturan namun masih ada oknum-oknum yang sengaja mencari kesalahan para Kepala Desa, dirinya akan siap untuk membackup secara keseluruhan.

“Siapapun itu. Jika masih ada oknum-oknum yang masih mencari-cari kesalahan dan menakut-nakuti Kepala Desa, kami atas  nama pemerintah yang baru siap melindungi para Kepala Desa dan melaporkan kepada aparat penegak hukum, karena sekecil apapun uang yang dikelola oleh Kepala Desa harus dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here