Soal Penerima Bantuan, Hingga Kini BAZNAS Bondowoso Belum Berkoordinasi dengan OPD

242
Ketua BAZNAS Kabupaten Bondowoso, KH Muhammad Junaedi saat dikonfirmasi

BONDOWOSO – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bondowoso mulai menanggapi kritikan yang disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat beberapa waktu lalu.

Namun demikian, dalam menentukan siapa yang berhak menerima bantuan, hingga kini BAZNAS Kabupaten Bondowoso masih belum melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

“Sebenarnya, dulu kita pernah melakukan komunikasi dengan pihak Bappeda Kabupaten Bondowoso untuk minta data. Mereka mengatakan bahwa, pihaknya akan segera memanggil OPD terkait. Namun hingga kini, masih belum ada komunikasi lanjutan. Saya menunggu itu,” jelas Ketua BAZNAS Kabupaten Bondowoso, KH Muhammad Junaedi, Senin (22/4/2019), usai menyerahkan 74 bantuan kepada Mustahik di aula Dispapora.

Bahkan, menurutnya, pihak BAZNAS Kabupaten Bondowoso telah meminta izin kepada Bupati Salwa Arifin untuk meminta data kepada OPD-OPD terkait yang juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

“Sebelumnya, kami memiliki langkah untuk mendapatkan data tersebut. Seperti ini contohnya, penyaluran bantuan gelombang pertama ini ada 135 usulan penerima bantuan. Namun, melalui survey yang kami lakukan, ditemukan sebanyak 61 warga yang sebelumnya telah mendapatkan bantuan dari OPD. Jadi, itu kita coret,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Wabup Irwan Bachtiar Rahmat memberikan kritik terhadap penyaluran bantuan oleh BAZNAS Kabupaten Bondowoso yang tak sesuai Basis Data Terpadu. Sehingga, menyebabkan penerima bantuan bisa mendapatkan bantuan lebih dari satu, baik dari BAZNAS maupun dari OPD yang juga menyalurkan bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here