Sosialisasikan Program BSPS, Ini Pesan Dinas Perkim Bondowoso

191
Eko Rusmanto, Plt Kepala Dinas Perkim saat memimpin sosialisasi program BSPS kepada para penerima

BONDOWOSO – Kabupaten Bondowoso kembali mendapatkan alokasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 775 unit dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp13,5 miliar yang bersumber dari APBN 2019.

Untuk diketahui, alokasi BSPS sebanyak 775 unit itu terbagi menjadi tiga program. Diantaranya, program BSPS Strategis sebanyak 250 unit yang tersebar di 3 Kecamatan dengan 12 Desa. Kemudian, BSPS Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) sebanyak 425 unit di 7 Kecamatan dengan 14 Desa. Dan yang terakhir, BSPS National Affordable Housing Program (NAHP) sebanyak 100 unit di 1 Kecamatan dengan 2 Desa.

Untuk itu, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukinan (Perkim) Kabupaten Bondowoso menggelar sosialisasi program BSPS kepada para penerima, yang termasuk dalam kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Plt Kepala Dinas Perkim, Eko Rusmanto mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan pandangan kepada para MBR tentang program BSPS yang nantinya akan diterima itu.

“Meskipun dana stimulan masuk kedalam rekening MBR, itu tidak mutlak menjadi haknya. Karena semua itu ada aturannya, jadi bantuan itu dibentukkan pada material. Setelah bantuan berbentuk material itu diterima, baru dilakukan overbooking. Intinya, si penerima bantuan ini tidak memegang uangnya, rekening itu salah satu bentuk pengamanannya,” paparnya, Rabu (4/9/2019), usai memimpin kegiatan sosialisasi BSPS di aula Perkim Kabupaten Bondowoso.

Lebih lanjut, Eko Rusmanto menyampaikan, agar tidak bermasalah seperti pelaksanaan RTLH yang sempat di Pansus-kan DPRD kemarin, pihaknya berpesan kepada MBR agar segera membentuk kelompok dalam pelaksanaan BSPS ini.

“Dalam pelaksanaan kegiatan itu, lebih dominan keputusan ada di kelompok. Jadi tidak individual. Segala sesuatu permasalahan yang muncul diselesaikan dalam kelompoknya,” pungkasnya. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here