Status Kades Wringin Tak Jelas, Ini Saran Ketua Komisi l

1140
Bambang Kupang Ketua Komisi I DPRD Bondowoso

BONDOWOSO- Masih menjabatnya H Mujib alias Ra’up sebagai Kepala Desa (Kades) Wringin padahal sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi revitalisasi pasar tradisonal desa wringin Kecamatan Wringin. Mendapat respon dingin Ketua Komisi l, Bambang Suwito.

Menurutnya, Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengacu terhadap UU no 6 tahun 2014 tentang Desa. Seharusnya,  kades yang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana korupsi. Maka Bupati harus segera mengeluarkan surat pemberhentian sementara sampai putusan pengadilan ingkrah.

Meskipun UU mengatur seperti itu, lebih lanjut Politisi partai PDIP ini mengulas, namun Kabupaten Bondowoso tidak memiliki Perbup tentang pemberhentian sementara kepala desa.

“Camat mengangkat Plt kemudian mengusulkan Pj untuk melaksanakan Pilkades Musdes. Tapi Perbup tentang pemberhentian sementara masih belum ada,” imbuhnya.

Baca : Jadi Tersangka Dugaan Korupsi, Kades Wringin Tidak Diberhentikan Sementara

Tidak adanya perbup, kata Bambang maka tidak ada kejelasan status kades ketika tersandung hukum. Seharusnya Bagian Hukum harus segera menyusunnya. Sebab di Kota tape itu, sudah ada beberapa kades yang tersandung hukum dan statusnya terkesan digantung.

“Bagian Hukum sudah harus menyusun Perbup Pemberhentian sementara Kades yang berstatus tersangka atau terdakwa,” pungkasnya. (Sp1)

1
2
Artikulli paraprakJadi Tersangka Dugaan Korupsi, Kades Wringin Tidak Diberhentikan Sementara
Artikulli tjetërRata-Rata Lama Sekolah di Bondowoso Masih Rendah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini