Stok Darah PMI Bondowoso Dipastikan Aman

55
Bakti sosial donor darah yang digelar PWI bersama PMI di kantor sekretariat PWI Bondowoso

BONDOWOSO – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bondowoso saat ini dipastikan aman dan tercukupi. Selain memenuhi kebutuhan darah di Bondowoso, PMI setempat juga menyuplai kebutuhan darah di Kabupaten Situbondo.

Ketua PMI Bondowoso, Muhammad Iqbal Afif menyebutkan, setiap bulannya persediaan darah di PMI bisa mencapai 750 kantong, bahkan lebih. Hal tersebut menjamin kebutuhan darah di Kabupaten Bondowoso akan terpenuhi.

“Untuk setiap bulannya persediaan darah kita bisa mencapai kurang lebih dari 700-750 kantong,” ungkap pemuda yang akrap dipanggil Afif ini, usai mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah di Kantor PWI, Senin (17/2/2020).

Dikatakannya, selain memenuhi kebutuhan darah di Bondowoso, PMI juga kerap kali mengirim persedian darah ke kabupaten lain yang membutuhkannya.

“Persedian itu juga untuk memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Situbondo, Jadi, kita kirimkan juga kesana setiap bulannya,” ujarnya.

Untuk target, kata Afif, saat ini telah melebihi dari yang diinginkan, meski telah kerap kali menyuplai kabupaten lain, dipastikan persediaan stok darah di Bondowoso aman.

“Target kita setiap bulannya adalah seribu kantong, karena kan darah ada masa expirednya, seperti plasma dan jenis-jenis darahnya, dan itupun telah melebihi target kita, apalagi ada suport atau dukungan dari Baksos PWI ini, insyaallah bisa lebih,” paparnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Bondowoso, Haryono, mengatakan dalam kegiatan baksos donor darah dalam rangka memperingati HUT PWI ke 74 dan HPN 2020, sepenuhnya melibatkan pihak-pihak terkait.

“Dalam kegiatan Baksos ini kita sengaja melibatkan mitra kerja kita, jadi sedikit banyak kita bisa menyumbangkan darah untuk masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Bondowoso,” tutupnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here