Tahun 2019, Dinas Perkim Bondowoso Tuntaskan 1.321 Unit RTLH

31
Salah satu penggarapan BSPS tahun 2019 di Desa Suger Lor Kecamatan Maesan

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso berhasil menuntaskan sebanyak 1.321 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun 2019 ini. Angka tersebut telah melebihi target yang ditetapkan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebanyak 1000 unit RTLH.

Sementara, anggaran yang dipakai untuk menuntaskan RTLH di Kabupaten Bondowoso ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) tahun 2019.

“Pembangunan RTLH yang berasal dari APBN, salah satunya, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 170 unit untuk wilayah perkotaan,” jelas Plt Kepala Dinas Perumahan dan Wilayah Permukiman (Perkim) Kabupaten Bondowoso, Eko Rusmanto di ruangannya, Rabu (4/9/2019).

Selain itu, menurut pria yang akrab disapa Eko ini, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) juga bersumber dari APBN.

“Untuk tahap pertama digunakan untuk mengentaskan RTLH di Kabupaten Bondowoso sebanyak 250 unit. Sedangkan tahap kedua, ada 425 unit dan untuk yang tahap ketiga ini ada 100 unit RTLH,” imbuhnya.

Sementara, dikatakannya, anggaran yang digunakan untuk mengentaskan RTLH dan bersumber dari APBD awal Kabupaten Bondowoso, tergarap sebanyak 182 unit.

“Sementara, dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Kabupaten Bondowoso tahun 2019 sebanyak 194 RTLH yang tergarap. Sehingga, jumlah keseluruhan RTLH yang sudah tergarap di tahun 2019 ini, sebanyak 1321 unit,” pungkas Eko Rusmanto. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here