Tahun 2021, Seluruh Sekdes Berstatus PNS di Bondowoso akan Dimutasi

682

BONDOWOSO – Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso, Ahmad Prayitno menargetkan, tahun 2021 seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) yang masih berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipindah tugaskan ke lembaga Pemerintahan.

Pasalnya, hingga kini, menurut pria yang masih menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) definitif Kabupaten Bondowoso ini mengatakan, masih ada sekitar 60 persen Sekdes berstatus PNS yang belum dipindah tugaskan ke lembaga Pemerintahan.

“Masih ada 40 persenlah. Maksimal tahun 2021 sudah dipindah tugaskan semua,” ungkapnya di Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Bondowoso, Selasa (1/10/2019).

Hal tersebut harus dilakukan oleh Pemkab Bondowoso usai dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat desa.

Namun demikian, dikatakan Prayitno, belum seluruhnya Sekdes berstatus PNS yang dipindah tugaskan ke lembaga pemerintah lantaran masih dibutuhkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) untuk menjalankan roda pemerintahan di desa.

“Kita pindah tugaskan bertahap. Kalau langsung semua, bisa-bisa jebol Pemdes-nya,” jelasnya.

Setelah Sekdes berstatus PNS tersebut dipindah tugaskan, imbuh Prayitno, Kepala Desa (Kades) beserta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menunjuk calon pengganti Sekdes yang berasal dari masyarakat setempat.

“Sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2017 kalau tidak salah ya, BPD menunjuk masyarakat umum yang mencalonkan dan pastinya yang memenuhi syarat untuk menjadi pengganti Sekdes yang dipindah tugaskan itu,” pungkasnya. (Yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here