Tahun Ajaran Baru, Siswa di Bondowoso Masih Belajar di Rumah

297
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Haeriah Yuliati saat dikonfirmasi di ruang kerjanya

BONDOWOSO – Memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, di tengah pandemi Covid-19, seluruh sekolah dari tingkat Paud, TK, SD, SMP hingga SMA/SMK swasta maupun negeri di Kabupaten Bondowoso, masih memberlakukan pembelajaran daring.

“Untuk Paud, SD dan SMP sampai saat ini masih diberlakukan pembelajaran daring. Siswa tetap belajar dari rumah sebagaimana himbauan Kemendikbud,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Haeriah Yuliati, Kamis (16/7/2020).

Kendati demikian, kenyataan di lapangan, masih banyak siswa ataupun orang tua yang masih belum atau tidak memiliki gadget untuk sarana pembelajaran daring ini.

Untuk itu, pemerintah mengambil kebijakan dalam memberikan kemudahan bagi anak didik dan tenaga pendidik, agar proses belajar mengajar tetap berjalan di era new normal ini.

“Ada 2 cara yang diterapkan oleh pemerintah, yaitu, daring sama luring,” paparnya.

Lebih jauh, Haeriah menegaskan, untuk luring (luar jaringan), pihak sekolah memberikan tugas kepada tenaga pendidik untuk mengunjungi anak didik.

“Itu untuk akses murid yang memang tidak terjangkau oleh jaringan. Intinya kita memastikan proses pembelajaran tetap berjalan,” tegasnya.

Disamping itu, dirinya meminta kepada wali murid untuk ikut berperan aktif dalam pengawasan proses belajar daring, sebagai bentuk apresiasi serta dukungan terhadap penerapan belajar mengajar dirumah.

“Kita harapkan kepada wali murid agar melakukan fungsi kontrol terhadap siswa, dalam penggunaan gadget agar tidak disalahgunakan,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here