Tahun Ini, Pemkab Bondowoso Renovasi 352 RTLH

208
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan pada acara Sosialisasi program pengembangan perumahan di pendopo

BONDOWOSO– Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso untuk mengurangi kondisi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) semakin gencar. Hal tersebut dilakukan agar status yang disandang Kabupaten Bondowoso sebagai kabupaten tertinggal segera lepas.

“Tahun ini sebanyak 352 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akan segera direnovasi,” urai Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi program pengembangan perumahan serta kegiatan peningkatan kualitas RTLH di Pendopo, Selasa (2/4/2019).

Dikatakan Bupati, tahun 2019 ini, di Bondowoso masih banyak rumah yang tidak layak huni. Dari data yang disebutkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), sebanyak 74. 382 unit rumah masih tersebar disetiap desa dan kelurahan.

“Untuk itu, Pemkab Bondowoso telah menyiapkan anggaran pembangunan untuk 352 unit yang bersumber dari Dana Alokasi khusus (DAK) Sebesar Rp2.975.000.000 untuk 170 unit rumah dan bersumber dari DAU Sebesar Rp3.185.000.000 untuk 182 unit,” terangnya.

Saat ini, Pemkab Bondowoso tengah melakukan sosialisasi program pengembangan perumahan serta peningkatan kualitas RTLH. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan bentuk transparansi semua program dan anggaran di tahun 2019.

Semetara, menurut Plt Kepala Dinas Perkim, Eko Rusmanto mengatakan, dari 170 unit rumah yang diterima yang bersumber dari DAK, tersebar di wilayah perkotaan se Kecamatan Kota.

“Meski tidak semua kelurahan di Kecamatan Kota, kita akan laksanakan renovasi RTLH di Kelurahan Badean, Kotakulon, Blindungan, Tamansari dan Kelurahan Dabasah,” ujarnya.

Dari data penerima RTLH, tambah Eko, Pihaknya mengacu pada Data yang diambil dari Dinas Sosial untuk penyesuaian by Name by addresnya.

“Penerima saat ini sudah ada SK bupatinya, berarti telah memenuhi kriteria layak menerima Renovasi RTLH,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here