Tak Lunasi PBB-P2, Kades Petahana Terancam Tak Bisa Nyalon Lagi

421
Wakil Bupati Irwan Bachtiar saat dikonfirmasi usai melakukan evaluasi kinerja dan kelembagaan di kantor Bapenda

BONDOWOSO – Untuk menggenjot terbayarnya PBB-P2 Pajak Bumi dan Bangunan – Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dari setiap desa, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar tidak akan segan-segan memberikan punishment kepada para Kepala Desa (Kades).

Bahkan, jika PBB-P2 selama setahun masih belum terlunasi, Irwan Bachtiar mengancam tidak akan memberikan rekomendasi kepada Kepala Desa petahana, untuk mencalonkan diri sebagai Kades di periode berikutnya.

“Tolong ini dicatat, bagi Kades yang masih aktif dan tidak bisa melunasi pembayaran pajak khususnya PBB-P2 ini, siap-siap tidak bisa mendapatkan rekomendasi untuk mencalonkan diri sebagai Kades diperiode selanjutnya,” tegasnya.

Kendati demikian, Irwan Bachtiar, tetap akan melakukan verifikasi lapangan terkait serapan PBB-P2 tahun 2018 lalu yang masih dan sempat tersendat. Hal ini dilakukan, agar titik permasalahan belum tercapainya target PBB-P2 bisa teratasi.

“PBB-P2 yang masih belum terbayarkan, masih akan tetap menjadi piutang dari wajib pajak. Tapi, kami akan lakukan proses verifikasi lapangan. Apakah benar, wajib pajak yang belum membayar atau ada oknum yang ngemplang pajak baik dari pihak Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Ini yang masih kami pelajari,” jelasnya di kantor Bapenda.

Ketegasan Wakil Bupati, bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, menurut Kepala Bapenda, Endang Hardiyanti, saat ini PBB-P2 terhutang Kabupaten Bondowoso tahun 2019 masih mencapai kurang lebih Rp4,5Miliar.

Bahkan, dari 22 Kecamatan wajib pajak di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini, baru 8 Kecamatan yang berhasil menyerap PBB-P2 tahun 2018 lalu sebesar 100 persen.

“Untuk serapan PBB-P2 tahun 2019 Kabupaten Bondowoso yang masuk kepada kita masih 71,28 persen,” paparnya ketika dikonfirmasi beberapa media, Senin (25/3/2019), di kantornya.

Serapan PBB-P2 tahun 2018 sebesar 71,28 persen tersebut, dijelaskan Endang, masih 121 desa yang tersebar di 22 Kecamatan yang telah berhasil melunasi kewajiban pembayaran pajak.

Untuk diketahui, target PBB-P2 Kabupaten Bondowoso tahun 2018 sebesar kurang lebih Rp15,6Miliar. Sedangkan, realisasi sampai dengan 31 Desember 2018 mencapai kurang lebih Rp11,18Miliar. Sehingga, masih ada piutang sebesar kurang lebih Rp4,5Miliar yang harus diselesaikan Kecamatan yang masih belum melunasi pajak tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here