Tak Patuhi Prokes Covid-19, Siap-siap Didenda

18
Wabup Irwan Bachtiar Rahmat saat diwawancarai awak Media

BONDOWOSO- Berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Jawa Timur Nomor 53 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bakal memberlakukan sanksi kepada warga yang melanggar prosedur protokol kesehatan Covid- 19.

Bagi pelanggar, nantinya akan dikenakan sanksi denda sebesar Rp250 ribu.

Kendati demikian, setiap Kabupaten/Kota masih mempertimbangkan, apakah besaran denda tersebut bisa diterapkan atau tidak.

Menurut Wakil Bupati Bondowoso, (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat mengatakan, untuk Pergub 53 pemerintah setempat masih melihat dan menyesuaikan dengan kondisi masyarakat di Bondowoso.

“Mulai besok kita akan melakukan sosialisasi ditempat keramaian, bagaimana masyarakat harus wajib menggunakan masker sesuai protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya, saat ditemui di Wisma Wabup, Senin (14/9/2020).

Dikatakan Wabup, Bagi masyarakat yang tidak mematuhi, langkah yang dilakukan oleh Pemerintah adalah memberikan sanksi sosial.

“Langkah awal kita akan berikan sanski sosial berupa membaca teks Pancasila, membersihkan jalan, dan lainnya yang berkaitan dengan sosial,” tuturnya.

Lebih jauh, Wabup Irwan menjelaskan, setelah sepuluh hari dari hari pertama sosialiasi, baru akan diterapkan sanksi dengan denda yang telah ditentukan oleh Pergub 53.

“Tapi kita akan melakukan pembahasan ditingkat kabupaten dan disesuaikan dengan Perdatibum yang sudah kita miliki, dan nantinya mungkin tidak disesuaikan dengan besaran denda seperti di Pergub 53,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here