Tak Tertib Administrasi, Ijin Kios Pupuk Bersubsidi Bakal Dicabut

580
Kanan ; Asisten II Bondowoso, Muhammad Ervan Ghani bersama KP3 saat sidak kios pupuk bersubsidi di Desa Bercak, Senin (2/10/2017). (Foto: Bharataonline/Rzq Ardians)
BONDOWOSO- Komisi Pengawasan Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Bondowoso, menemukan beberapa kios penyalur pupuk bersubsidi yang tidak tertib administrasi. Hal tersebut dibuktikan saat inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah kios di Kecamatan Cermee.
“Masih banyak kios yang pembukuannya tidak lengkap. Bahkan ada kios yang sama sekali tidak bisa menunjukkan buku penyaluran pupuk kepada petani,” kata Asisten II Pemkab Bondowoso, Muhammad Ervan Ghani, Senin (2/10/2017).
Bersama anggota kepolisian dan TNI, Asisten II memeriksa sejumlah kios yang menjadi penyalur pupuk dari Distributor CV Karunia, Prajekan Kidul. Dalam temuannya KP3, juga mengimbau kepada pihak distributor untuk memberikan surat teguran kepada kios yang tidak tertib administrasi.
“Harus diberi surat peringatan sebagai bentuk pembinaan. Tapi jika ini terus dilakukan, nantinya akan ada teguran ke pihak distributor, bahkan jika diperlukan ijinnya akan dicabut,” tegas Asisten II usai sidak.
Indikasi penyalahgunaan penyaluran pupuk bersubsidi ini, disinyalir akibat dari keluhan petani yang kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi jenis SP-36 di kios-kios penyalur pupuk. Padahal, pupuk yang dialokasikan sudah sesuai dengan kebutuhan petani seperti yang diusulkan dalam Rencana Dasar Kebutuhan Kelompok (RDKK).
“Yang kami takutkan, pupuk bersubsidi ini dijual kepada kelompok yang tidak bertanggungjawab dan kepada petani di luar kabupaten Bondowoso. Ini yang menjadi atensi kami kedepan, agar penyaluran pupuk bersubsidi bisa tepat sasaran,” tukasnya.
Dalam sidak, KP3 juga menemukan indikasi penyimpanan penyaluran pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh kelompok tani, dimana jumlahnya mencapai 4 ton, tanpa ada keterangan kemana pupuk tersebut disalurkan. Oleh karena itu, KP3  akan terus melakukan sidak di semua kios dan distributor di Bondowoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here