Tanggap Banjir Bandang di Bondowoso, Gubernur Jatim Tinjau Rumah Terdampak

166

BONDOWOSO – Kabar terjadinya bencana banjir bandang di Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen terdengar hingga ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Mendengar kabar tak sedap tersebut, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa langsung mengunjungi Kabupaten Bondowoso, setelah berkoordinasi dengan Bupati Salwa Arifin.

“Kemarin sekitar 15.30 WIB, saya mendapat kiriman video ini. Saya langsung koordinasi dengan Bupati Bondowoso, meminta agar pihak BPBD, Dinsos serta Dinkes turun langsung ke lokasi yang terdampak banjir bandang ini,” ungkap Khofifah ketika dikonfirmasi beberapa awak media di Desa Sempol, Kamis (30/1/2020).

Bahkan, dikatakannya, pihak Pemprov Jatim langsung membawa Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air, setelah mendengar kabar adanya tanggul yang jebol serta plengsengan sepanjang 8 Km yang telah rusak, sehingga mengakibatkan terjadinya banjir bandang tersebut. 

“Jika tanggul jebol ini tidak segera dilakukan recovery, akan signifikan dampaknya. Saya juga sudah meminta agar Pemprov segera melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah untuk menentukan titik-titik mana yang perlu dilakukan recovery,” kata Khofifah.

Namun demikian, untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Desa Kalisat maupun Sempol yang terdampak banjir bandang, Khofifah mengatakan, pihaknya masih menunggu data real dari pihak Pemkab Bondowoso.

“Sementara, data yang saya dapat dari bapak Bupati, di Desa Kalisat ada 135 rumah yang terdampak banjir. Sedangkan, di Desa Sempol ada 80 rumah. Ini masih akan dilakukan pendekatan-pendekatan sosial untuk mengetahui berapa data real yang terdampak. Jika data sudah clear, saya akan kembali lagi kesini untuk menyampaikan bantuan sosial,” pungkas Gubernur Jatim ini.

Untuk diketahui, pasca terjadinya bencana banjir bandang di Kecamatan Ijen ini, Bupati Bondowoso telah mengeluarkan SK Tanggap Darurat sampai tanggal 14 Februari 2020 depan. (Diz/rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here