Tegakkan Perda, Satpol-PP Bondowoso Tertibkan Pedagang di Trotoar

73
Satuan Polisi Pamong Praja saat melakukan penertiban pedagang disalah satu jalur hijau

BONDOWOSO– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bondowoso, menertibkan para pedagang yang berada di sepanjang jalur hijau.

Penertiban tersebut dilakukan berdasarkan instruksi bupati, dalam rangka menertibkan kawasa perkotaan yang bersih, dan memfungsikan trotoar untuk pengguna jalan saja.

Menurut Plt Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Trantibum), Toha Satriono mengatakan, penertiban tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2016 tentang penertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Ini adalah tugas Satpol PP untuk menertibkan para pedagang yang menggelar lapak daganganya di jalan atau trotoar sepanjang jalur hijau,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/1/2020).

Dikatakan Toha, penertiban pedagang saat ini masih masuk dalam tahap peringatan, setelah melalui beberapa tahapan peringatan, para pedagang masih tetap menggelar lapak jualannya ditempat yang sudah dilarang oleh Satpol PP, maka akan dilakukan tindakan yang lebih berat.

“Saat ini kita masih memberikan peringatan dulu, setelah itu, jika mereka masih tetap berjualan kita berikan sanksi yang lebih berat dengan mengambil lapak serta dagangannya untuk dibawa ke kantor,” tuturnya.

Lebih jauh, Toha menyebutkan jika para pedagang yang berada di trotoar sangat mengganggu aktifitas para pejalan kaki dan mengganggu lalu lintas, sehingga dirasa sangat perlu untuk menindak dan memberikan sanksi bagi para pedagang jika masih tetap berada di sepanjang trotoar.

“Sementara ini kita hanya memberikan peringatan saja, namun, jika masih tetap kita akan BAP, dan arahnya nanti bisa ke Tindak Pidana Ringan (Tipiring),” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here