Terima Rekomendasi DPRD, Bupati Salwa : Ini Bentuk Sinergi Legislatif dan Eksekutif

94
Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir saat menyerahkan rekomendasi DPRD kepada Bupati Salwa Arifin

BONDOWOSO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso menyerahkan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati tahun 202I atas penjabaran APBD tahun anggaran 2020, kepada Bupati KH Salwa Arifin dalam Rapat Paripurna, Jumat (21/5/2021).

Rekomendasi atas capaian, kinerja dan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menurut Bupati Salwa, memberikan sousi agar pemerintahan yang dipimpinnya bisa berjalan dengan baik.

“Rekomendasi ini bentuk sinergi dan komitmen yang hidup antara eksekutif dan legislatif dalam rangka bersama-sama membangun Bondowoso lebih baik,” ungkapnya di aula graha Paripurna DPRD.

Rekomendasi tersebut akan ditelaah lebih mendalam dan ditindaklanjuti sesuai peraturan perundangan serta dijadikan acuan dalam menentukan arah kebijakan pemerintah ke depan.

“Akan kami jadikan acuan, baik dari sisi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” pungkasnya.

Sementara juru bicara DPRD Bondowoso, Tohari menjelaskan, rekomendasi yang diserahkan merupakan amanat Permendagri 18 tahun 2020.

“Rekomendasi ini diharapkan menjafi rujukan untuk perencanaan dan penganggaran program pembangunan di tahun berjalan (2021) dan tahun berikutnya,” tukasnya.

Secara umum, DPRD menyebut banyak OPD yang merubah acuan data target sehingga tidak sesuai RPJMD.

Menurut DPRD, kebanyakan OPD menggunakan data target yang disesuaikan dengan kondisi dana yang tersedia (dalam DPA). Sehingga program daerah tidak putus.

Mayoritas OPD maupun BUMD mendapatkan rekomendasi dari DPRD. Baik soal pelayanan umum seperti kependudukan, kesehatan, hingga seputar persoalan ekonomi. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here