Terlambat Serahkan APBDes, Tunjangan Perangkat Bakal Dipending

746
Wabup Irwan Bachtiar Rahmat dan Kepala DPMD Kabupaten Bondowoso, Abdurrahman

BONDOWOSO – Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) menjadi syarat mutlak bagi Desa yang akan mencairkan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahun 2019.

Untuk itu, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat menegaskan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) agar memberikan reward dan punishment kepada desa dalam penyusunan APBDes.

“Saya sudah perintahkan Kepala DPMD agar memberikan reward dan punishment kepada desa yang sudah selesai dan menyerahkan APBDes-nya maupun yang terlambat,” tegasnya usai melakukan kunjungan ke DPMD Kabupaten Bondowoso, Rabu (6/3/2019).

Desa yang telah merampungkan penyusunan APBDes-nya, dikatakan Wabup kelahiran Bondowoso ini, akan mendapatkan reward dengan cara langsung dilakukan proses verifikasi serta segera dilakukan pencairan DD/ADD-nya.

“Bagi yang terlambat akan diberikan punishment. Kades yang terlambat bahkan belum menyelesaikan APBDes-nya, tunjangan perangkat akan kita pending sampai 6 bulan. Aturannya sama dengan punishment yang diberikan saat kita terlambat menyusun APBD. Semangat Undang-undang begitu,” jelas Irwan Bachtiar.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat DPMD Kabupaten Bondowoso, Ahmad Yulianto menjelaskan, bahwa di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini ada 21 Desa yang sudah menyerahkan APBDes tahun 2019.

“Per 6 Maret 2019, sudah ada 21 desa dari 3 Kecamatan yang sudah menyerahkan APBDes kepada kami. 3 Kecamatan tersebut diantaranya, Grujugan, Cermee dan Botolinggo,” paparnya.

Lebih lanjut Yulianto juga menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti atas apa yang diperintahkan Wakil Bupati Bondowoso terkait pencairan DD/ADD terhadap desa yang telah menyerahkan APBDes kepada DPMD.

“Hari ini akan kami proses. Kami juga akan segera melakukan koordinasi dengan Kecamatan untuk segera menyampaikan permohonan pencairan DD/ADD,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here