Tim Gabungan Perhutani KPH Bondowoso Ringkus Pelaku Pembalakan Liar

66
Pelaku pembalakan liar (wajah diblur) saat dikeler oleh tim gabungan

BONDOWOSO – Untuk mengantisipasi maraknya pembalakan liar di kawasan hutan milik Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bondowoso, saat ini tim gabungan dari unsur Polri, Resort Pemangku Hutan (RPH), Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH), dan Polmob semakin gencar melakukan patroli.

Hasilnya, tim gabungan yang terdiri Polsek Maesan, Perhutani RPH Tanah Wulan, RPH Wringin Tapung, Polmob dan BKPH Bondowoso serta Perhutani KPH Bondowoso, berhasil meringkus satu orang pelaku yang diduga melakukan penebangan pohon jenis Sonokeling, Selasa (14/4/2020).

Pelaku penebangan pohon milik Perhutani ini berhasil diringkus, setelah mendapat laporan dari warga, jika ada pelaku penebangan sonokeling di kawasan hutan, tepatnya di petak 33K-1.

“Sekitar pukul 02.00 WIB, kami berhasil menangkap satu orang pelaku beserta satu unit sepeda motor, gergaji Chainsau dan kayu sonokeling yang kini kita jadikan barang bukti,” kata Waka ADM Perhutani KPH Bondowoso melalui Bagian Humas Abdul Ghani.

“Ini semua berkat kerjasama semua pihak dan informasi dari warga. Dan saat ini, pelaku penebangan pohon tersebut diamankan ke Mapolsek Maesan, untuk penyidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Selain itu, mewakili Perhutani KPH Bondowoso, pria yang akrab dipanggil Ghani ini juga memberikan imbauan kepada masyarakat yang ada di Bondowoso, khususnya di sekitar kawasan hutan milik Perhutani, untuk saling menjaga kelestarian hutan.

“Kita harus bersama-sama menjaga hutan agar tetap lestari. Jangan sampai melakukan penebangan pohon di kawasan hutan Perhutani KPH Bondowoso, karena selain bisa berdampak pada rusaknya ekosistem, juga akan berbenturan dengan hukum,” tegasnya. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here