Tingkat Kehadiran ASN di Bondowoso Pasca Cuti Lebaran Meningkat

48
Bupati bersama wakil bupati dan pejabat Pemkab Bondowoso saat press release usai menggelar sidak di aula BKD

BONDOWOSO– Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari pertama masuk kerja pasca libur bersama hari raya idul Fitri 1440 H, di kalangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso tahun ini meningkat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahctiar Rahmat mewakili Bupati Salwa Arifin usai menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Senin (10/6/2019).

“Tahun ini tingkat kehadiran ASN pasca libur bersama meningkat dibandingkan tahun lalu, jika tahun kemarin yang tidak hadir tanpa keterangan berjumlah 4 orang, sekarang hanya 1 orang,” urai Wabup saat press release.

Dikatakan Wabup, Satu orang ASN yang tidak hadir tanpa keterangan tersebut sebelumnya sudah mengajukan permohonan untuk berhenti menjadi ASN.

“ASN yang alpa ini sedang proses pengajuan pengunduran diri dari status ASN yaitu Dr. Eka Dina,” tuturnya.

Lebih jauh dirinya menegaskan, jumlah ASN yang ada di lingkungan kerja Pemkab Bondowoso dari 4.399 orang masuk dinas sebanyak 4.355 orang, sisanya berbagai macam jenis keterangan.

“Dari jumlah itu, yang tidak masuk dinas sebanyak 44 ASN dengan keterangan cuti 24 orang, ijin karena keluarganya meninggal 1 orang, ijin karena sakit 17 orang, alpa 1 orang dan tugas belajar 1 orang sehingga menurut persentase tingkat kehadiran 98, 90 persen,” paparnya.

Sesuai peraturan Kemenpan RB, lanjut Wabup Irwan, sanksi yang akan diberikan kepada para ASN yang tidak masuk dinas pertama masuk kerja akan disesuaikan dengan keterangan yang ada.

“Kalau sanksi kita sesuaikan dengan aturan, jadi yang kita sanksi tidak ada keterangan yaitu satu orang saja dan itupun sudah dalam proses pengunduran diri sebagai ASN,” tukasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here