Tingkatkan Capaian PBB-P2, Ini yang Dilakukan Bapenda Bondowoso

58
Plt Kepala Bapenda, Heru Sukamto saat memberikan laporanya kepada Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso

BONDOWOSO – Pemungutan PBB-P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan) di Kabupaten Bondowoso di tahun 2021, terus ditingkatkan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), kini mulai mensosialisasikan PBB-P2, Senin (29/3/2021).

Menurut Plt Kepala Bapenda, Heru Sukamto menjelaskan, tujuan sosialisasi ini dalam rangka memantapkan tingkat capaian PBB terhadap realisasi PBB tahun 2021.

“Agar nantinya PBB bisa terrealisasi lebih awal sesuai ataupun sebelum jatuh tempo. Sehingga tetap berusaha bagaimana PBB ini tercapai 100 persen di tahun 2021,” jelasnya saat menyampaikan laporannya di hadapan Bupati KH Salwa Arifin dan Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat di Pendopo Bupati.

Selain menyampaikan capaian semua capaian PBB selama tahun 2020 lalu, Heru Sukamto juga menjelaskan, tujuan sosialisasi ini  juga dilaksanakan untuk menjaga atau dalam pemeliharaan basis data pajak. Yakni untuk meningkatkan akurasi data objek dan subjek PBB.

“Jadi akurasi objek dan subjek PBB di Kabupaten Bondowoso terus diperbarui sesuai kondisi yang sebenarnya, kondisi objektif yang ada saat ini. Ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pajak di tahun 2021. Sehingga prestasi tahun 2020, atas capaian PBB yang menvapai 100 persen bisa terulang kembali,” terangnya.

Prestasi yang diraih pada tahun 2020 tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Salwa Arifin. Menurutnya, prestasi itu merupakan hasil dari peran serta dari tim yang profesional, bekerja cerdas, keras dari berbagai pihak. Seperti diantaranya, seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa dan instansi terkait.

“Sehingga ditahun 2021 harus optimis, sudah punya pengalaman sukses, Insyaallah kedepan akan lebih baik lagi. Tak lupa, saya sampaikan terima kasih para Camat, Kepala desa, lurah yang telah sukses dalam PBB ini,” katanya.

Orang nomor satu di Bondowoso ini berharap agar kerja sama antara mitra kerja harus lebih ditingkatkan lagi. Dimana harus adanya koordinasi yang baik dan saling menguatkan satu sama lain.

“Ada koordinasi yang baik, saling menguatkan, saling berinformasi tentunya kepada masyarakat para wajib pajak. Ini perlu disampaikan, walaupun mereka sebagian sudah sadar,” urainya.

Menurutnya, karena PBB adalah merupakan kewajiban setiap tahunnya. Kata dia, masyarakat bukannya tidak mengerti, namun hanya kesadarannya saja.

“Maka perlu untuk memberikan, apa manfaat dan kegunaan PBB. Perlu meningkatkan kesadaran,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Salwa pun menghimbau kepada para petugas agar memiliki inovasi, tindakan yang kreatif. Supaya dapat diterima dan bisa mendapat perhatian dari para masyarakat.

“Cara pendekatannya, tentunya pak Kades, lurah sudah tau karakter masyarakat. Maka dari itu, perlu dilakukan dengan langkah-langkah yang inovatif dan kreatif,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin, Wakil Bupati H Irwan Bachtiar Rahmat, Kepala Bapenda Heru Sukamto dan diikuti seluruh Camat serta kepala desa di Pendopo Kecamatan masing-masing dengan zoom meeting. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here