Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Bondowoso MoU di Bidang Pertanian

14
Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin saat penandatanganan kerjasama dengan perusahaan yang sudah sering ekspor pisang tersebut. Yakni PT Nusantara Segar Abadi (NSA), di Pendopo

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian kerjasama PKS dan kesepahaman di bidang pertanian, Rabu (24/2/2021).

Penandatanganan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin bersama tiga lembaga, diantaranya, PT Nusantara Segar Abadi, PT Bintang Toedjoe dan Universitas Mauhammadiyah Malang (UMM).

Adapun, penandatanganan MoU tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang pertanian dalam beberapa komoditas unggulan yang memiliki orientasi ekspor, diantaranya, pisang cavendish dan jahe merah.

Dituturkan Bupati Salwa, pihaknya telah cukup lama mengikuti dinamika pengembangan dua komoditas tersebut yang berorientasi ekspor. Bahkan, dirinya menyampaikan, peluang untuk meningkatkan pendapatan para petani dua komoditas itu sangat besar.

“Petani pada khususnya bisa lebih berdaya, serta peningkatan pendapatan untuk negara dan perusahaan itu sendiri,” tegas orang nomor satu di Kabupaten yang memiliki jargon ‘Melesat’ ini, di Pendopo Bupati.

Untuk dua komoditas yang memiliki orientasi ekspor tersebut, diakui Bupati Salwa, bahwa pihaknya telah mengikuti dinamika pengembangan komoditi tersebut di berbagai daerah. Mulai dari, Madiun, Blitar, Lampung hingga Jembrana Bali.

“Bondowoso mendapat giliran untuk mengembangkan pisang cavendish dan jahe merah. Kita sudah difasilitasi secara terintegrasi oleh banyak stakeholder mulai dari Kementerian Perekonomian (Kemenko), Dirjen Bea Cukai dan PT Nusantara Segar Abadi. Maka dari itu, mari kita dorong progressnya dan Pemkab Bondowoso akan memfasilitasi itu,” paparnya.

Sedangkan, MoU yang dilakukan oleh Pemkab Bondowoso dengan pihak UMM, dijelaskan Bupati Salwa, bahwa para petani yang bermitra mengembangkan pisang cavendish serta jahe merah akan mendapatkan pendampingan dari lembaga akademik tersebut.

“MoU dengan PT Nusantara Segar Abadi dalam rangka pengembangan Pisang Cavendish, untuk Jahe Merah dilakukan pengembangan dengan menggandeng PT Bintang Toedjoe. Sedangkan UMM, melakukan pendampingannya pengembangan dua komoditas hortikultura tersebut dan pengembangan Pertanian Organik di Kabupaten Bondowoso,” pungkas Bupati kelahiran Bondowoso. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here