Tingkatkan Kewaspadaan, Bakesbangpol Gelar Sosialisasi PKDM

102
Suasana sosialisasi PKDM di aula Sabhabina Praja II

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar rapat sosialisasi Pengawasan Kewaspadaan Dini Masyarakat (PKDM) di Aula Shababina Praja II, Selasa (27/8/2019).

Melalui kegiatan PKDM tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan sejak dini, dari tingkat kabupaten hingga ditingkat kelurahan, Desa, dusun dan RT/RW.

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) pada Bakesbangpol, Rikwan Sugiarto mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan karena adanya perubahan Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2018, yang saat ini telah dirubah dengan Permendagri Nomor 46 tahun 2019 tentang kewaspadaan dini masyarakat.

“Sosialisasi ini dirasa perlu dilakukan. Kenapa, karena Permendagri tahun 2018 peran intelegen itu tidak dipakek lagi,” katanya kepada awak media usai acara.

Dikatakan, Rikwan, dengan adanya Permendagri tahun 2019, peran intelegen dapat difungsikan lagi sebagaimana tertuang dalam Pasal 11 tahun 2019 memperbolehkan menggunakan Intelegen Negara.

Lebih jauh, dirinya mengungkapkan jika situasi di Kabupaten Bondowoso aman dan kondusif. Akan tetapi, diperlukan pengawasan dan kewaspadaan serta pendeteksian konflik sosial secara dini

“Setidak-tidaknya peran kita, utamanya Bakesbangpol bisa meredam permasalahan agar tidak muncul dulu,” tukasnya.

Tampak hadir dalam acara Sosialisasi PKDM, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab setempat, Syaifullah dan Asisten I Agung Trihandono beserta seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Bondowoso. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here