Tingkatkan Pelayanan Kependudukan, Dispendukcapil Evaluasi Pelayanan Keliling

66
Kasi Pendataan Penduduk, Nyoman bersama Sekretaris Dinas, Priyono saat melakukan evaluasi

BONDOWOSO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bondowoso, menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Pelayanan Keliling dan Program Tahun 2020, di aula Sabha Bina Praja II, Rabu (19/11/2019).

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pendataan Penduduk, I Nyoman Sutama mengatakan, evaluasi pelayanan keliling tersebut dilakukan untuk meningkatkan seluruh pelayanan kepada masyarakat.

“Kita evaluasi hasil pelayanan keliling tahun ini. Nantinya di tahun 2020 kita akan melakukan jemput bola ke setiap desa untuk memberikan semua pelayanan terkait data kependudukan,” ungkapnya.

Dikatakan Nyoman, dari evaluasi pelayanan tahun ini, minat masyarakat untuk melakukan perekaman dinilai cukup tinggi. Kendati demikian, pihak Dispendukcapil akan tetap terus berupaya keras untuk menekan angka data masyarakat yang masih belum melakukan perekaman e-KTP.

“Bagi masyarakat yang masih belum melakukan perekaman e-KTP, akan ditindaklanjuti pada tahun 2020 dengan pendekatan pelayanan ke desa-desa,” paparnya.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, pada tahun 2020 mendatang, bukan hanya pelayanan perekaman saja yang akan dimaksimalkan, akan tetapi, seluruh pelayanan administrasi tentang kependudukan akan terus di gencarkan.

“Mulai dari pengurusan Kartu Keluarga (KK), KIA, akta kelahiran dan juga akta kematian akan terus ditingkatkan, dengan cara mendatangi ke desa-desa selama tiga kali dalam satu tahun,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, upaya jemput bola di semua aspek pelayanan  tersebut, juga untuk mengantisipasi terjadinya praktek pungutan liar yang selama ini digembar-gemborkan.

“Tadi waktu evaluasi, kita undang para aparat desa agar nanti disampaikan kepada masyarakat, karena desa merupakan ujung tombak kita yang secara langsung berhubungan dengan masyarakat,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here