Transfer Embrio Teknologi Perbanyak Keturunan Sapi

189
Ternak sapi yang dikembangkan di kampung ternak modern Desa Karanganyar

BONDOWOSO – Sebagai salah satu Kabupaten yang ditunjuk menjadi lumbung ternak, Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) Kabupaten Bondowoso terus berupaya meningkatkan produksi dan kualitas ternak sapi dengan menguji cobakan teknologi baru yang disebut Transfer Embrio (TE).

Namun demikian, teknologi TE yang digadang-gadang bisa memperbanyak jumlah produksi ternak sapi ini, telah tiga tahun ada dan diujicobakan di Kabupaten berjuluk Republik Kopi ini. Sayangnya, teknologi tersebut masih belum dikomersialkan atau dilaunching oleh Pemerintah Bondowoso, dalam hal peningkatan produksi maupun kualitas ternak.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Disperta, Murjana menjelaskan, teknologi TE tersebut sebenarnya bagus untuk diterapkan di Kabupaten Bondowoso.

“Jika dibandingkan dengan Inseminasi Buatan (IB), teknologi TE ini sebenarnya lebih bagus untuk peternakan sapi di Bondowoso. Karena dengan teknologi TE ini, sapi bisa beranak minimal 8 kali, dalam setahun. Jadi, hasilnya bisa lebih banyak,” paparnya, Senin (14/5/2018) di ruangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here