Tunggakan Pelanggan PDAM Bondowoso Capai 10 Persen Setiap Bulan

259
Direktur PDAM April Ariesta Bhirawa saat ditemui diruang kerjanya

BONDOWOSO – Tunggakan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur hingga Juni 2020 mencapai 10 persen dari total 20 ribu pelanggan.

“Penagihan dari kita 90 persen rampung setiap bulannya, berarti tunggakan Pelanggan setiap bulan rata-rata 10 persen dari total hampir 20 ribu pelanggan,” ungkap Direktur PDAM, April Ariesta Bhirawa saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (16/6/2020).

Menurutnya, dari jumlah tunggakan tersebut berdampak pada biaya operasional para pekerja PDAM.Oleh sebab itu, pihaknya melakukan upaya jemput bola pada setiap pelanggan, guna menekan angka tunggakan pelanggan setiap bulannya.

“Dampaknya sangat besar, untuk biaya operasional dan gaji karyawan semua kan dari pelanggan, kita lakukan dengan mendatangi pelanggan, bahkan setiap penagihan kita bisa mendatangi pelanggan sampai lima kali dengan kesabaran,” tuturnya.

Bahkan, pihaknya memberikan tindakan teguran dan akan menindak tegas pelanggan, dengan pemutusan jaringan distribusi air bagi pelanggan yang tidak membayar tunggakan.

“Sanksi kita akan berikan kepada pelanggan yang belum membayar, selama dua bulan tidak membayar kita akan memutus jaringan distribusi air, akan tetapi di masa pandemi Covid-19, kita ringankan meski dua bulan tidak kita tutup bagi pelanggan yang benar-benar dibawah rata-rata,” tegasnya.

Untuk itu, kata Bhirawa sapaan akrabnya, menghimbau kepada setiap pelanggan agar melaksanakan kewajibannya dengan tepat waktu membayar iuran aliran air bersih agar tidak diputus oleh pihak PDAM.

“Seperti diketahui yang kita layani 90 persen berasal dari tarif rumah tangga, kita harapkanĀ  kesadaran masyarakat untuk melakukan pembayaran iuran tepat waktu,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here