Usai Dilantik, Kades Kejawan Paparkan Semua Program Pembangunan

Sugianto : Kami akan rangkul dan tingkatkan SDM warga Desa Kejawan

152
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menyematkan pin kehormatan kepada Sugianto SE, Kepala Desa Kejawan periode 2019- 2025

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin melantik dan mengambil sumpah jabatan 18 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak, Selasa (24/12/2019) di pendopo bupati.

Menariknya, dari 18 abdi masyarakat yang dilantik, Sugianto SE, Kepala Desa (Kades) Kejawan Kecamatan Grujugan, menjadi Kades termuda yang terpilih dalam kontestasi Pilkades serentak yang digelar 12 Desember 2019 silam.

Diusianya yang ke 33, pria satu anak ini menjadi pemenang dengan suara terbanyak, mengalahkan 4 kandidat lainnya. Taktis, suara yang diperoleh pemuda Desa Kejawan ini, mencapai 1.252 dari 2.111 hak pilih.

Jiwa mudanya yang energik, memberikan semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengangkat potensi desa dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) warganya. Bahkan, semuanya sudah terkonsep untuk membangunan desa.

Untuk lima tahun ke depan, dirinya telah merencanakan untuk mengembangkan semua sektor. Baik pertanian, ekonomi, kesehatan, pendidikan, UKM, UMKM, infrastruktur dan meningkatkan potensi Desa Kejawan yang menjadi sentra pembuatan tempe di Bondowoso.

“Perlu ada upaya untuk mengangkat potensi asli Desa Kejawan, sebagai sentra produksi tempe di Bondowoso. Karena ini merupakan produk andalan desa kami, yang jika dikembangkan akan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya usai pelantikan.

Dengan dukungan anggaran alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), dirinya berkeyakinan semua program pembangunan yang direncakannya, bisa terealisasi, demi kemajuan dan peningkatan SDM masyarakat Desa Kejawan.

“Perlu ada peningkatan SDM di semua bidang. Khususnya di tingkat bawah, agar masyarakat bisa memahami dan menerima apa yang menjadi prioritas pembangunan Desa Kejawan. sehingga bisa dinikmati dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Artinya, perlu ada keseimbangan, desa memfasilitasi, dan warga bisa menangkap sempurna,” terangnya.

Kendati diusianya yang terbilang masih muda, Sugianto tetap tak jumawa atas kemenangan dirinya dalam Pilkades serentak kemarin. Bahkan, untuk meredam tensi politik antar calon kades yang hingga saat ini masih memanas, dirinya mengajak semua warga untuk tidak terpecah belah, hanya perbedaan pilihan dalam Pilkades lalu.

“Sebagai pelayanan masyarakat, saya tetap akan merangkul semua masyarakat Desa Kejawan, tak terkecuali mereka (warga, red) yang menjadi pendukung Cakades lainnya. Pilkades sudah usai, mari kita lebur tensi politik pasca Pilkades kemarin, dan ayo kita bersatu bersama-sama membangun desa,” pesannya lugas. (nyud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here