Usulkan 7 Raperda, Bupati Salwa Sampaikan 11 Isu Strategis RPJMD 2018-2023

513
Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Bondowoso terhadap 7 Raperda Program Pembangunan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2019 di aula graha paripurna DPRD

BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso mengusulkan tujuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dalam Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Bondowoso terhadap 7 Raperda Program Pembangunan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2019 di aula graha paripurna, Selasa (15/1/2019).

Dalam Rapat Paripurna ini, Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin menyampaikan 11 isu strategis pembangunan jangka menengah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Dimana, RPJMD tersebut merupakan terjemahan atas visi misi dari Kepala Daerah terpilih.

“RPJMD ini kemudian akan menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan di Kabupaten Bondowoso dalam melaksanakan pembangunan selama lima tahun ke depan,” katanya.

11 isu strategis yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023, disebutkan KH Salwa, diantaranya, perluasan dan peningkatan akses kualitas pendidikan, pelayanan dan akses kesehatan, peningkatan sektor pertanian, peternakan serta perikanan.

“Peningkatan sektor pariwisata, peran investasi, pengembangan koperasi dan usaha mikro serta sarana prasarana (sarpras) wilayah dan infrastruktur penunjang perekonomian. Selain itu, penyediaan kesejahteraan sosial, dan pemberdayaan masyarakat. Peningkatan pelayanan publik, dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” paparnya.

Sesuai visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih, dikatakan KH Salwa Arifin, untuk menciptakan Bondowoso Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil dan Terdepan dalam bingkai iman dan taqwa atau biasa disebut Bondowoso melesat, perlu kiranya membangun kemandirian ekonomi dengan memperkuat sektor unggulan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta berkualitas.

“Sasaran yang akan dicapai adalah meningkatnya sektor unggulan, pemanfaatan potensi pariwisata, investasi daerah, usaha skala mikro, serta kualitas infrastruktur,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 7 Raperda yang diusulkan diantaranya, Raperda tentang RPJMD 2018-2023, Raperda tentang perubahan Raperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Raperda tentang penanggulangan TBC dan HIV/AIDS dan Raperda tentang Rancangan Induk Kepariwisataan Kabupaten Bondowoso 2019-2034.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here