Validasi Data Kemiskinan, Dinsos Bondowoso Gelar Bimtek Aplikasi SIKS

297
Peserta Bimtek aplikasi SIKS-NG di Aula Sabha Bina Praja I (foto : rizqi/bharata.co.id)

BONDOWOSO – Kementerian Sosial Republik Indonesia mulai tahun 2017 dipercaya untuk melakukan validasi dan verifikasi data kemiskinan di Indonesia atau yang lebih dikenal Basis Data Terpadu atau BDT. Data terpadu program penanganan fakir miskin yang bersumber dari data pemutahiran Basis Data Terpadu tahun 2015 ini, nantinya dikelola oleh Kelompok Kerja Pengelola Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin.

Validasi ini sekarang mulai didata melalui aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) Next Generation (NG) yang di break down melalui Dinas Sosial di masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Upaya strategis untuk memberikan cara memvalidasi informasi bagi petugas pendataan tentang pembaruan Aplikasi SIKS-NG.

Di Bondowoso, Aplikasi SIKS ini didukung penuh oleh Pemeritah Kabupaten dengan memberikan bimbingan teknis di Aula Sabha Bina Praja I selama 2 hari. Bimtek ini diikuti oleh 409 orang, yang terdiri dari Kepala Seksi (Kasi) Kesos kecamatan yang menangani data, TKSK, Kordinator PKH, operator kecamatan dan desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here