Wabah Covid-19, Pasar Hewan Bondowoso Tak Ditutup

166

BONDOWOSO – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso memastikan pasar hewan tidak ditutup lantaran mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19).

Namun demikian, Kepala Diskoperindag Kabupaten Bondowoso, Sigit Purnomo mengatakan, bahwa pada pusat perdagangan hewan ternak ini sudah dilakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 di Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil kopi ini. Salah satunya, memberikan batasan waktu aktivitas jual beli hanya sampai pukul 13.00 WIB.

“Ya benar. Kemarin waktu dilaksanakan rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi penanganan Covid-19 di Polres Bondowoso, Pemkab beserta seluruh stakeholder terkait telah sepakat agar tidak menerapkan lockdown. Namun, ditegaskan bapak bupati agar selalu mengantisipasi pandemi Covid-19 mewabah di daerah kita ini. Termasuk pasar hewan,” paparnya melalui pesan Whatsappnya, Rabu (1/4/2020).

Bahkan, menurut sigit, dalam rakor penyamaan persepsi penanganan Covid-19 tersebut, Bupati Salwa Arifin memberikan perintah kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso untuk menyediakan alat yang dibutuhkan dalam rangka mengambil tindakan preventif pencegahan virus mematikan ini.

“Alat yang dibutuhkan adalah segala keperluan medis untuk masyarakat, salah satu diantaranya, masker serta hand sanitizer dan alat pengecek suhu tubuh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bondowoso menggelar evaluasi penanganan Covid-19 di halaman Mapolres Bondowoso. Tujuannya untuk menyamakan persepsi dalam penanganan bencana nasional tersebut, bersama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19. (Yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here