Wabup Bondowoso : Kecamatan Harus Berperan dalam Kepengurusan Akta Kependudukan

28
Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan Bachtiar

BONDOWOSO – Ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso akan mengoptimalkan peran Kecamatan dalam pelayanan kepengurusan akta kependudukan.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, pengoptimalan peran kecamatan patut dilakukan untuk mencegah terjadinya gerombolan massa di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Meskipun perhari ini, Pemkab telah menerapkan new normal.

“Data di Kecamatan akan diintegrasikan dengan Disdukcapil. Peralatan untuk input data KTP maupun KK sudah tersedia di 23 Kecamatan, tinggal mengintegrasikan saja. Jadi, nanti pihak Kecamatan tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil. Setelah dilakukan cetak akta kependudukan, akan dikirimkan lewat pos,” jelas Wabup kelahiran Bondowoso ini, Rabu (10/6/2020).

Meski demikian, imbuhnya lagi, tidak ada larangan kepada masyarakat yang akan mengurus akta kependudukan langsung di kantor Disdukcapil. Namun, tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Yang dulunya sehari bisa sampai 200 orang yang mengurus akta kependudukan, per hari ini hanya dibatasi sebanyak 25 orang,” pungkas Wabup Irwan.

Untuk diketahui, penerapan New Normal oleh Pemkab Bondowoso dikarenakan reproduksi kasus Covid-19 berada pada angka 1 atau kategori sangat rendah. (yudis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here