Wabup Irwan Akan Tindak Tegas Pelaku Pungli e-KTP

262
Wabup Irwan saat menyerahkan e-KTP yang telah terbit secara simbolis kepada Camat Wonosari

BONDOWOSO– Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bahctiar Rahmat mengintruksikan kepada seluruh Kepala Desa tidak melakukan pungutan liar terkait pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

“Jangn sampai di era pemerintahan yang baru ini, saya mendengar ada pungutan sekecil apapun tentang pembuatan e-KTP,” kata Irwan Bachtiar saat memberikan pemaparan pada acara Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan di Pendopo Kecamatan Wonosari, Kamis (11/4/2019).

Bahkan, wabup mengancam tidak akan tinggal diam, jika ada praktik pungli di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Tak memandang siapapun, semua pelaku pungli akan ditindak tegas oleh wabup.

“Saya akan tindak tegas secara langsung, siapapun itu akan kami laporkan ke pihak berwajib, dan kalau terbukti ada salah satu perangkat desa yang bermain, akan saya copot langsung,” tegasnya.

Dikatakan Wabup, pembuatan e-KTP sesuai dengan undang-undang tidak ada pembiayaan sekecil apapun. Maka, Wabup Irwan menekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani agar tidak berbenturan dengan Undang-undang.

“Harapan saya kepada para Kepala Desa dan perangkatnya, jangan main api jika tidak mau terbakar. Artinya jangan sampai ada pungutan apapun nanti untuk membagikan e-KTP yang telah selesai,” tuturnya.

Sementara menurut kepala Disdukcapil, Tamin mengatakan, dalam satu tahun terakhir sejak 2018 masyarakat wajib e-KTP berjumlah kurang lebih 40.000 masih belum memiliki KTP.

“Mengatasi hal tersebut, kami membuat terobosan baru dengan mendatangi kantor kecamatan dan desa untuk merangsang masyarakat agar segera melakukan perekaman e-KTP. Berkat dukungan camat dan kepala desa 40.000 warga kini sudah tuntas memiliki KTP dan bisa menyalurkan hak pilihnya,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here