Wabup Irwan Bachtiar Launching Apliaksi e-BECA

207
Wakil Bupati Bondowoso, H Irwan bachtiar saat memberikan sambutan dalam launching Aplikasi E-BECA

BONDOWOSO – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso melaunching Website dan Aplikasi Elektronik Bondowoso Catalog (e-BECA).

Aplikasi tersebut merupakan inovasi atau terobosan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dibawah kepemimpinan Karna Suswandi. Aplikasi berbasis tehnologi tersebut merupakan salah satu langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso percepatan dalam melayani masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi inovasi yang diciptakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini. Menurut saya, ini merupakan percepatan dalam melayani masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bondowoso,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat memberikan sambutan sebelum secara resmi melaunching website dan aplikasi e-BECA di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kamis (16/5/2019).

Namun demikian, Irwan berpesan agar aplikasi e-BECA dapat kiranya untuk ditingkatkan lagi demi memudahkan masyarakat, khususnya para pelajar untuk mengakses buku-buku yang dibutuhkan dari jarak jauh.

“Jadi, di era digitalisasi ini masyarakat yang akan membaca buku tidak perlu datang ke perpustakaan. Tentunya, dengan adanya aplikasi ini, masyarakat bisa mengakses buku-buku yang dibutuhkan hanya melalui gadget maupun komputer yang tersambung dengan internet,” jelas Wabup kelahiran Bondowoso ini.

Bahkan, Irwan Bachtiar Rahmat juga berharap agar aplikasi yang dilaunching Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut, dapat tersambung dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bondowoso dan menyediakan buku-buku yang dibutuhkan oleh masing-masing sekolah.

“Kita tidak lagi secara tradisional membeli buku dalam jumlah banyak, cukup kita mendownload beberapa literasi yang ada, sehingga ini akan lebih memudahkan para siswa-siswi dan masyarakat Bondowoso untuk membaca,” terang Politisi PDI-P Bondowoso ini.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso, Karna Suswandi dalam laporannya mengatakan, bahwa aplikasi tersebut untuk mendukung pendidikan gratis.

“Kenapa begitu?, karena jika para pelajar masih terbebani dengan harus membeli buku, itu sama saja tidak gratis. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini, para pelajar dapat mengakses hanya dengan sambungan internet sudah bisa membaca buku yang diinginkan,” ucapnya.

Menanggapi permintaan Wabup Irwan, dikatakan Karna Suswandi, kedepannya dirinya juga meminta kepada seluruh Kepala Sekolah di Bondowoso untuk segera mengajukan surat yang didalamnya berisi buku apa saja yang dibutuhkan oleh masing-masing sekolah.

“Dengan begitu, baik guru maupun siswa bisa langsung mengakses buku yang diinginkan melalui aplikasi e-BECA ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, buku-buku yang disajikan dalam e-BECA ini menggunakan tiga bahasa yakni, bahasa Indonesia, Madura, dan Inggris. Ditahap awal, sedikitnya telah ada 266 judul buku yang telah bisa diakses. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur-fitur yang memungkinkan setiap pengunjung E-BECA bisa saling berinteraksi, utamanya berdiskusi terkait dengan buku yang sedang dibaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here