Wabup Irwan : Paud Menjadi Pondasi Peningkatan SDM

14
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat mengunjungi Paud Harapan Bunda di Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer

BONDOWOSO – Peningkatan mutu pendidikan anak sejak dini menjadi suatu hal yang penting di Indonesia. Mulai dari peningkatan mutu pendidikan anak sejak dini itulah Indonesia dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Namun, dalam proses peningkatannya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga memerlukan strategi agar peningkatan pendidikan berjalan lancar. Oleh karena itu, pemerintah harus hadir dan mensupport lembaga Paud.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat saat mengunjungi Paud Harapan Bunda di Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, Kamis (30/9/2021).

Dirinya mengatakan, meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini tentunya terletak pada SDM yang berkualitas. Sedangkan, untuk menentukan berkualitas atau tidaknya dapat ditentukan oleh kualitas penduduknya, seperti pelayanan pendidikan anak.

“Jika lingkungannya berkualitas tentunya hal tersebut juga berdampak pada pendidikan anak tersebut. Maka dari itu, sebagai orang tua atau guru haruslah memiliki, serta meningkatkan kompetensi diri, dengan cara tetap belajar,” ucapnya.

Menurutnya, strategi yang dapat meningkatkan mutu pendidikan Paud di Bondowoso yaitu tenaga pendidik, kurikulum, standarisasi kompetensi, prinsip pembelajaran, serta suasana dan sarana pembelajaran yang kondusif.

Wakil Bupati Irwan menjelaskan, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pembelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran.

“Menurut saya, ancaman yang dapat menghambat mutu pendidikan anak terletak pada inovasi pembelajaran dan kurikulum yang dipakai. Jika pembelajaran menarik minat anak dan menyenangkan, tentunya hal ini membuat anak dengan sukarela mau belajar tanpa adanya paksaan. Sehingga, mutu pendidikan pun akan meningkat,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, ada beberapa hal yang dapat memengaruhi mutu pendidikan anak, di antaranya, pembinaan pada peserta didik, kompetensi tenaga pendidik dalam membimbing, sarana prasarana yang memadai, agar dapat menunjang proses belajar mengajar, serta lingkungan anak.

“Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi bagi perkembangan kualitas SDM selanjutnya. Maka dari itu, penting sekali untuk meningkatkan mutu pendidikan anak sejak dini, dengan cara merancang perencanaan yang matang dan harus sesuai dengan perkembangan usia anak,” terang wabup.

Selain itu, fasilitas pendukung untuk lembaga Paud juga harus diperhatikan, baik itu untuk sarana belajar, kelengkapan belajar, alat peraga dan kondisi tempat anak menimba ilmu. Jadi, lanjut wabup, pemerintah harus berupaya untuk membantu meningkatkan lembaga Paud.

Saat berkunjung dan melihat langsung kondisi Paud Harapan Bunda di Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, Wabup Irwan menginginkan bantuan yang dikucurkan oleh pemerintah, bisa menunjang peningkatan kualitas pembelajaran di Paud tersebut.

“Paud ini layak untuk mendapatkan bantuan, karena muridnya banyak, dan kelengkapan lembaganya jelas (tidak fiktif). Jadi kami alokasikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Paud Harapan Bunda,” kata Irwan.

Pemerintah Kabupaten Bondowoso sendiri, membuka akses lebar bagi semua lembaga Paud untuk mendapatkan bantuan. Bahkan, Wabup Irwan meminta agar lembaga Paud segera melapor apabila ada lembaga yang muridnya berpotensi dan perlu bantuan.

“Saya minta kepada Penilik Paud untuk melakukan inventarisir seluruh lembaga yang berpotensi, mungkin ada lembaga dengan kondisi yang memprihatinkan untuk segera melakukan pendataan dan segera lapor ke saya,” lanjut Irwan.

Ditanya perihal honor guru Paud, pihaknya sudah melakukan penambahan dari 150 ribu menjadi 350 ribu. “Untuk honor guru sudah ada tambahan dari Pemerintah Bondowoso, yang semula 150 menjadi 350 ribu per bulan” pungkasnya. (rzq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here