Wakili Bupati Bondowoso, Kadis Koperindag Resmikan Pasar Kita

287
Sigit Purnomo, Kadis Koperindag saat membacakan sambutan Bupati KH Salwa Arifin didamping oleh Camat Tlogosari, Dodik Siregar

BONDOWOSO – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin melalui Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) meresmikan pasar rakyat di Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari, Rabu (12/2/2020).

Peresmian pasar tersebut ditandai dengan pelepasan burung merpati secara simbolis oleh Kepala Dinas Koperindag, Camat Tlogosari, Kades Jebung Kidul, Muspika dan para tokoh agama.

Menariknya, peresmiannya diwarnai dengan lantunan sholawat dan tausiah dari para ulama yang dikemas dalam sebuah acara selamatan Desa Jebung Kidul. Bahkan, ratusan warga juga datang menghadiri peresmian pasar yang dikenal sebagai ‘Pasar Kita’ tersebut.

Menyampaikan sambutan Bupati Bondowoso, Sigit Purnomo Kepala Dinas Koperindag mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas didirikannya ‘Pasar Kita’ di Desa Jebung Kidul yang dikemas sebagai pusat perbelanjaan masyarakat.

“Ini merupakan langkah yang sangat tepat dan strategis dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, membuka lapangan kerja, peluang usaha dan pemberdaayaan UMKM di Desa Jebung Kidul,” terangnya.

Suasana lapak para pedagang sayuran di los Pasar Kita

Berdirinya pasar kita ini, lanjut Sigit, dinilai sangat strategis. Karena melibatkan segenap lapisan masyarakat dan dari segi sosial budaya, akan berdampak pada pembentukan karakter jiwa wiarausaha, kebersamaan dan toleransi.

“Pasar Kita ini secara geografis sangat strategis, karena bisa menjadi magnet bagi masyarakat di desa-desa dan kecamatan tetangga untuk bebelanja disini. Pasar ini sangat representatif sabgai pusa belanja, karena terdapat sarana toko modern, los, kios dan fasilitas umum lainnya,” terangnya.

Selain itu Bupati Salwa Arifin seperti di dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sigit Purnomo berharap, keberdaaan Pasar Kita tersebut bisa memamerkan dan menjual produk unggulan UMKM setempat.

“Pasar ini menjadi sarana yang paling tepat dan efektif sebagai etalase mempromosikan produk unggulan desa, kecamatan maupun kabupaten. Hal ini bisa menjadi akselerator tercapainya visi dan misi Bondowoso Melesat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pasar Kita tersebut menghabiskan dana desa sebesar Rp1,2 miliar dan saat ini diisi oleh 56 los, 7 toko, los UMKM beserta pusat kuliner yang ada di sisi luar pasar. Dalam peresmian yang dibalut dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad dan selamatan desa tersebut, warga juga disuguhi gunungan aneka hasil bumi. (rizqi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here