Wamen Perdagangan RI Paparkan Konsep SRG di Bondowoso

71
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat dikonfirmasi Media

BONDOWOSO – Wakil Menteri Perdaganan Jerry Sambuaga, sebagai perwakilan dari Pemerintah Pusat berupaya untuk menjaga kualitas dan harga jual hasil panen petani di Indonesia tetap stabil.

Saat ini, untuk menampung hasil tanam petani, Pemerintah Pusat memberikan fasilitas berupa gudang penyimpanan hasil panen. Hal tersebut dilakukan karena bisa meningkatkan harga jual hasil panen para petani. 

Jerry Sambuaga menilai peningkatan hasil panen petani harus ditingkatkan melalui Sistem Resi Gudang (SRG). Para petani bisa menyimpan hasil panen mereka sembari menunggu harga jual stabil, bahkan meningkat.

“Konsep SRG sangat membantu petani dengan jangka waktu satu hingga enam bulan. Jadi apabila harga harga jual masih turun, petani bisa menyimpan di gudang, dan menjualnya saat harga mulai stabil,” ungkapnya saat berkunjung ke pendopo Bupati Bondowoso, Sabtu (5/6/2021). 

Dikatakan Jerry, setelah melakukan penyimpanan dalam jangka waktu yang ditentukan, para petani bisa mendapatkan risit atau tanda bukti penitipan hasil panen di resi gudang. Risit tersebut bisa dijadikan jaminan kepada bank untuk mengajukan pinjaman sebagai modal usaha atau modal dalam bertani. 

“Jadi sistem ini multifungsi, setelah petani mendapat risit dari gudang bisa diajukan sebagai jaminan untuk modal selanjutnya,” paparnya. 

Dirinya berharap Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, khususnya Bondowoso agar bisa memanfaatkan resi gudang untuk menampung semua hasil panen petani. 

“Kami berharap, pemanfaatan resi gudang ini bisa maksimal membantu para petani di dalam meningkatkan kesejahteraan taraf ekonomi,” ujarnya. 

Dirinya menjelaskan, saat ini ada beberapa komoditi hasil panen yang bisa disimpan di resi gudang.

“Ada 20 komuditas yang bisa disimpan, diantaranya kopi, bawang, ikan, beras dan beberapa komuditas lainnya. Pemerintah Daerah harus bisa mendampingi, Pemerintah Pusat hanya memfasilitasi,” pungkasnya. (yudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here